Thanks to



Alhamdulillah wa syukurillah, puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT. Zat yang Maha Mengetahui, sumber dari segala ilmu, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul "Pemantau Posisi Objek Menggunakan Gps Berbasis Gprs dengan Antarmuka Google Maps API". Tak lupa, sholawat dan salam penulis haturkan kepada Nabi besar, junjungan umat muslim, Nabi Muhammad SAW.
Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar akademik sarjana (S-1) pada Program Studi Elektronika dan Instrumentasi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada.
Bersama dengan "momen indah" terselesaikannya pengerjaan tugas akhir ini, penulis berkehendak untuk menyampaikan dengan penuh keikhlasan dan ketulusan rasa terimakasih, "mathur tengkyu", serta penghargaan yang tak terhingga kepada:

  1. Kedua orangtuaku tercinta, atas cinta dan kasih sayang, doa, ridho serta dukungannya baik materi maupun spirituil.
  2. Bapak Drs. Yohannes Suyanto M.IKOM, selaku Dosen Pembimbing atas bantuan dan bimbingannya dengan memberikan saran kritik yang membangun dalam penyusunan skripsi ini.
  3. Bapak Drs. Agus Harjoko, M.Sc, Ph.D, selaku Ketua Program Studi Elektronika dan Instrumentasi.
  4. Bapak-bapak dan ibu-ibu guruku, dosen, ustad, serta siapa saja yang pernah men-transfer ilmu kepadaku.
  5. Adikku Yudis, Reza dan Qonita tersayang.
  6. Mbah Kakung beserta keluarga besar Mbah Haji Soderi sekalian.
  7. Sepupu-sepupuku, Mas Dani, Mas Ago, Mba Indah, Mba Ambar, Dina Dini.
  8. Teman-teman seperjuangan dan sepermainan mahasiswa S1 prodi Elektronika dan Instrumentasi angkatan 2002, Markopolo, Ridho "marsotoy", Yudhi "kira", Nungki "sudjono", Aan, Heru "narsis", Ardi "koje", Wini "Nyai", Beben, Didit "Kuya", Zamroni "matriphe", Arnanto "priyayisae", Yusuf, Yoga, Kusno, Tupik, Budi, terutama kepada Belly Krido atas "GPS SMS" nya, dan semuanya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
  9. Kawan-kawan IC517, Adi "Oson", Sigit, Irma, Bella, serta teman-teman IAIC.
  10. Ibu Kos Panggungsari dan teman-teman satu alamat, Danar, Aldi, Aan "siho", Ari, Farid, Alex, juga teman-teman kos lama Blimbingsari dan Sendowo. Tengkyu berat, tanpa kalian inyong akan sulit survive di jogja.
  11. Ibu Bayan yang telah mengasuh selama KKN serta teman-teman seperjuangan di KKN, Riskha "si mbok", "om" Roy, Nia "nyau nyau", Momo, Arif, Fajar, dan juga Mba Ani selaku pembimbing KKN.
  12. GilinganTebu Sumber inspirasi, tempat sampah dan tempat nongkrong penulis di dunia maya. Serta gilingan-gilingan (blog-blog) lain beserta penghuninya, cahandong dan lainnya.
  13. Kyoky yang jarang shutdown, Sofi dan Honda CBR (CB Red) pengantar tubuhku melintasi jalanan Jogja.
  14. Serta kepada semua teman, sodara, relasi dan pihak-pihak lain yang telah membantu penulis baik secara materil maupun spirituil, secara langsung maupun tidak langsung, secara ikhlas maupun kurang ikhlas, yang tidak dapat disebutkan satu persatu, terimakasih banyak Bro! Dab! Mba! Mas! Om! Pak! Bu!.

Penulis menyadari penulisan skripsi ini tidak lepas dari kekurangan dan jauh dari kesempurnaan dikarenakan keterbatasan penulis. Sehingga merupakan kebanggaan besar bagi penulis untuk menerima kritik dan saran.
Akhir kata, harapan penulis semoga skripsi dapat dikembangkan di kemudian hari sehingga berguna bagi ilmu pengetahuan.

 

Yogyakarta, Juli 2007
Penulis

Febrianto Adi Nugraha