PEMANTAU POSISI OBJEK MENGGUNAKAN GPS BERBASIS GPRS DENGAN ANTARMUKA GOOGLE MAPS API

FEBRIANTO ADI NUGRAHA
02/157010/PA/09090

INTISARI

             Telah dibuat sistem pemantau objek menggunakan GPS receiver TFAG-10 berbasis jaringan GPRS telepon seluler (ponsel) yang dikendalikan oleh mikrokontroler AVR AT90S2313.
             Sistem menangkap data posisi objek menggunakan GPS, setiap menit dilakukan dua kali pengambilan data posisi. Mikrokontroler AT90S2313 bertugas menyeleksi, mengolah, dan menyimpan data sementara. Kemudian mikrokontroler mengirim perintah dan data yang telah diolah ke ponsel. Ponsel ber-GPRS bertugas mengirimkan data ke server melalui layanan GPRS internet. Setiap menit dilakukan sekali pengiriman dua buah data posisi. Ponsel harus memiliki kemampuan yang mendukung GPRS serta menggunakan kartu SIM dari operator seluler yang telah mendukung layanan GPRS.
             Pemantauan objek dilakukan melalui internet dengan menggunakan web browser. Antarmuka halaman web dibuat dengan menggunakan Google Maps API yang menampilkan posisi objek di atas peta atau citra satelit. Posisi objek pada peta secara otomatis akan ter-update jika sistem mengirimkan data posisi baru. Pengguna dapat memantau posisi objek secara visual dengan mudah menggunakan Google Maps API, seta dapat berinteraksi dengan halaman web untuk mengakses data posisi yang tersimpan di server.
             Hasil pengujian sistem berjalan baik, sehingga dapat digunakan untuk memantau posisi objek.

Kata Kunci :GPS, mikrokontroler AT90S2313, GPRS, Google Maps API.